12. Keyakinan bahwa tidak boleh shalat setelah witir.
Ini adalah sebuah keyakinan yang salah, sementara dalil yang ada adalah berseberangan dengannya.
Imam Muslim telah mengeluarkan hadits dari Abu Salamah radhiyallaahu ‘anhu, dia berkata,
سَأَلْتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا، عَنْ صَلَاةِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَتْ: «كَانَ يُصَلِّي ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً، يُصَلِّي ثَمَانَ رَكَعَاتٍ، ثُمَّ يُوتِرُ، ثُمَّ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ، فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ قَامَ فَرَكَعَ، ثُمَّ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ بَيْنَ النِّدَاءِ وَالْإِقَامَةِ مِنْ صَلَاةِ الصُّبْحِ»
“Aku pernah bertanya kepada ‘Aisyah radhiyallaahu ‘anha tentang shalat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, lantas dia berkata, ‘Adalah beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam biasa shalat tiga belas rakaat; beliau shalat delapan rakaat, kemudian witir, kemudian shalat dua rakaat sambil duduk; jika beliau ingin ruku’, beliau berdiri, kemudian ruku’, kemudian shalat dua rakaat antara adzan dan iqamah shalat subuh.” ([1])
Dan di dalam al-Musnad dari Abu Umamah radhiyallaahu ‘anhu,
كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْوِتْرِ وَهُوَ جَالِسٌ ، يَقْرَأُ فِيهِمَا: بـِ{إِذَا زُلْزِلَتْ الْأَرْضُ} وَ{قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ}
“Adalah Rasulullah H shalat dua rakaat setelah witir sambil duduk, di dalamnya kedua rakaat tersebut, beliau membaca idzaa zulzilatil ardhu dan qul yaa ayyuhal kaafiruun.” ([2])
Adapun sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam,
«اجْعَلُوا آخِرَ صَلَاتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا»
“Jadikanlah akhir shalat kalian di malam hari dengan shalat witir.” ([3])
Maka sabda beliau ini dibawa kepada makna anjuran.. dan lebih dari itu, dibolehkan shalat setelah rakaat witir dengan syarat tidak witir sekali lagi, bahkan yang dilakukan adalah shalat dua rakaat-dua rakaat.
(Diterjemahkan oleh Muhammad Syahri dari kitab Akhthaa-unaa Fii Ramadhaan; al-Akhthaa` al-Khaashshah Bishalaatil Witri Wa Du’aa-i al-Qunuuti Fiihaa, Syaikh Nada Abu Ahmad)
_____________________________________________________________
Footnote:
([1]) HR. Muslim (738), an-Nasa-iy (1781), Abu Dawud (1340), Ahmad (26165), Ibnu Majah (1196), lihat al-Jaami’ as-Shahiih li as-Sunan wa al-Masaanid (27/126)-pent
([2]) HR. At-Thabraniy dalam al-Kabiir (8065), al-Baihaqiy (4602), Ibnu Khuzaimah (1104), Ibnu Hibban (2635), at-Tirmidzi (471), Ibnu Majah (1195), Ahmad (26595, 22300); lihat Shahiih Mawaarid az-Zham-aan (552), Shifatu as-Shalat (hal. 122), Hidaayatu ar-Ruwaat (1239), lihat al-Jaami’ as-Shahiih li as-Sunan wa al-Masaanid (27/74)-pent
([3]) HR. Al-Bukhari (953), Muslim (751), Abu Dawud (1438), Ahmad (4710), lihat al-Jaami’ as-Shahiih li as-Sunan wa al-Masaanid (27/108)-pent