8. Witir tiga rakaat, dengan dua kali tasyahhud
Witir dengan tiga rakaat telah valid dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
Al-Bukhari dan Muslim telah mengeluarkan hadits dari ‘Aisyah radhiyallaahu ‘anha, dia berkata,
كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي أَرْبَعًا، فَلَا تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ، ثُمَّ يُصَلِّي أَرْبَعًا، فَلَا تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ، ثُمَّ يُصَلِّي ثَلَاثًا
“Adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam shalat empat rakaat, maka janganlah engkau bertanya tentang bagus dan panjangnya keempat rakaat tersebut. Kemudian beliau shalat empat rakaat, maka janganlah engkau bertanya tentang bagus dan panjangnya keempat rakaat tersebut. Kemudian beliau shalat tiga rakaat.” ([1])
Maka di antara para imam ada yang jika ingin shalat witir tiga rakaat, maka dia menshalatinya sebagaimana dia shalat maghrib; dengan dua tasyahhud (sekali salam)… dan ini adalah sebuah kesalahan lagi telah dilarang oleh Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
Al-Hakim, al-Baihaqiy telah mengeluarkan hadits dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, dia berkata, ‘Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
«لَا تُوتِرُوا بِثَلَاثٍ تُشَبِّهُوا بِالْمَغْرِبِ، وَلَكِنْ أَوْتِرُوا بِخَمْسٍ أَوْ بِسَبْعٍ أَوْ بِتِسْعٍ أَوْ بِإِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً أَوْ أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ»
“Janganlah kalian shalat witir dengan tiga rakaat yang kalian serupakan dengan shalat maghrib; akan tetapi witirlah kalian dengan lima rakaat, tujuh rakaat, sembilan rakaat, atau sebelas rakaat atau lebih banyak dari yang demikian.” ([2])
Maka di dalam hadits ini terdapat larangan berwitir dengan tiga rakaat, dan telah berlalu bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah shalat witir dengan tiga rakaat. Dan al-Hafizh telah menggabungkan hadits-hadits yang ada dengan menjadikan hadits-hadits larangan dibawa kepada makna berwitir dengan tiga rakaat (sekali salam) dengan dua kali tasyahhud, karena penyerupaannya dengan shalat maghrib. Sementara hadits-hadits berwitir dengan tiga rakaat dibawa kepada makna tiga rakaat yang bersambung dengan sekali tasyahhud di akhirnya. Dan ini boleh. Selesai.
Atas dasar ini, maka sesungguhnya shalat witir dengan tiga rakaat memiliki dua bentuk; dan keduanya telah valid dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
Bentuk pertama: shalat dua rakaat lalu salam, kemudian shalat rakaat yang ketiga sendirian.
Dalil yang demikian adalah hadits yang telah dikeluarkan oleh al-Bukhari dari Ibnu ‘Umar radhiyallaahu ‘anhuma,
أَنَّهُ كَانَ يُسَلِّمُ بَيْنَ الرَّكْعَتَيْنِ وَالْوِتْرِ حَتَّى يَأْمُرَ بِبَعْضِ حَاجَتِهِ
“Bahwasannya dia biasa salam diantara dua rakaat dan witir hingga dia perintahkan sebagian hajat keperluannya.” ([3])
Dan pada riwayat Imam Ahmad dari Ibnu ‘Umar radhiyallaahu ‘anhuma, dia berkata,
كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفَصِّلُ الشَّفْعَ وَالْوِتْرَ بِتَسْلِيْمٍ يُسْمِعُنَاهُ
“Adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam biasa memisahkan yang genap dengan yang ganjil dengan satu salam yang beliau memperdengarkan salam itu kepada kami.”
Ibnu Hibban rahimahullah telah menyebutkan sebuah hadits, dan memberikan judul bab padanya seraya berkata,
ذِكْرُ الْخَبَرِ الدَّالِّ عَلَى أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُفَصِّلُ بِالتَّسْلِيْمِ بَيْنَ الرَّكْعَتَيْنِ وَالثَّالِثَةِ
Penyebutan Khobar Yang Menunjukkan Bahwa Nabi Shallallaahu ‘Alaihi Wa Sallam Biasa Memisah Antara Dua Rakaat Dengan Rakaat Yang Keitga Dengan Salam.
Bentuk yang kedua: shalat tiga rakaat dengan satu tasyahhud.
Yang demikian itu berdasarkan hadtis yang telah dikeluarkan oleh Imam Malik, an-Nasa’iy, al-Hakim dan al-Baihaqiy dari ‘Aisyah radhiyallaahu ‘anha,
كَانَ يُوْتِرُ بِثَلَاثٍ لَا يَقْعُدُ إِلَّا فِيْ آخِرِهِنَّ
“Adalah beliau biasa berwitir dengan tiga rakaat; beliau tidak duduk kecuali di akhir ketiga rakaat tersebut.” ([4])
(Diterjemahkan oleh Muhammad Syahri dari kitab Akhthaa-unaa Fii Ramadhaan; al-Akhthaa` al-Khaashshah Bishalaatil Witri Wa Du’aa-i al-Qunuuti Fiihaa, Syaikh Nada Abu Ahmad)
_____________________________________________________________
Footnote:
([1]) HR. Al-Bukhari (3376), Muslim (738), at-Tirmidzi (439), an-Nasa-iy (1697), lihat al-Jaami’ as-Shahiih li as-Sunan wa al-Masaanid (27/127) dengan redaksi:
مَا كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ، وَلَا فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً، يُصَلِّي أَرْبَعًا، فَلَا تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ، ثُمَّ يُصَلِّي أَرْبَعًا، فَلَا تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ، ثُمَّ يُصَلِّي ثَلَاثًا
“Tidak pernah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menambah (rakaat shalat) di dalam Ramadhan, tidak juga di selain Ramadhan lebih dari sebelas rakaat; beliau shalat empat rakaat, maka janganlah engkau bertanya tentang bagus dan panjangnya keempat rakaat tersebut. Kemudian beliau shalat empat rakaat, maka janganlah engkau bertanya tentang bagus dan panjangnya keempat rakaat tersebut. Kemudian beliau shalat tiga rakaat.”
([2]) HR. Al-Baihaqiy dalam al-Kubra (4816), al-Hakim (1304), al-Hakim berkata, ‘Shahih sesuai syarat al-Bukhari dan Muslim.” Dan disetujui oleh adz-Dzahabiy. Lihat al-Muqarrar ‘Alaa Abwaabi al-Muharrar(1/285)-pent
([3]) HR. As-Syafi’iy dalam Musnadnya (196), al-Bukhari (991) dengan lafazh ini, Ahmad (2/72) dengan lafazh lain. Dan lafazh Ahmad adalah, ‘Dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar, dia berkata,
كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفَصِّلُ بَيْنَ الْوِتْرِ وَالشَّفْعِ بِتَسْلِيْمَةٍ وَيُسْمِعُنَاهَا
“Adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam biasa memisah antara shalat witir dengan genap dengan satu salam, dan beliau memperdengarkan salam tersebut kepada kami.”
Lihat at-Talkhiish al-Habiir, cet. Dar al-‘Ilmiyah (2/58)-pent
([4]) HR. Ahmad (6/155-156), an-Nasa-iy (1697), al-Baihaqiy dalam al-Kubra (3/28), al-Hakim dalam al-Mustasrak (1/304), Lihat at-Tamyiiz fi Talkhiishi Takhriiji Ahaadiitsi Syahri al-Wajiiz (2/868)