Kesalahan Para Imam Tarawih Dan Qiyamullail (10-11)

10. Ucapan sebagian para imam dengan ucapan-ucapan yang Allah tidak pernah menurunkan dalil apapun

 

Seperti ucapan sebagian mereka saat shalat tarawih:

 

صَلَاةُ الْقِيَامِ أَثَابَكُمُ اللهُ

 

Dan seperti cuapan mereka saat shalat witir:

 

أَوْتِرُوا أَثَابَكُمُ اللهُ

 

Maka ucapan-ucapan ini -dan yang semisal dengannya- tidak pernah diriwayatkan dari al-Habiib al-‘Adnaan shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan tidak juga dari seorangpun dari kalangan para salaf yang mulia. Maka diketahuilah kebatilan ucapan-ucapan ini. Dan bahwa ia adalah perkara baru yang diada-adakan, khususnya saat mengulang-ulangnya, dan merutinkannya.

11. Memanjangkan berdiri… lalu tidak perhatian dengan rukun-rukun shalat lain yang tersisa.

 

Di antara para imam ada yang memanjangkan berdiri, terutama jika dia adalah seseorang yang bagus suaranya. Kemudian setelah itu, anda akan mendapatinya mematuk-matuk dalam ruku’ dan sujud; hingga jika anda berada pada raka’at yang ketiga dan keempat yang bacaan di dalamnya adalah bacaan sirri (pelan) maka anda belum mampu menyempurnakan membaca separuh dari surat al-Fatihah hingga anda mendapatinya telah ruku’. Dan ini menyelisihi apa yang dilakukan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

 

Telah datang riwayat di dalam al-Bukhari Muslim dari al-Barra’ bin ‘Azib radhiyallaahu ‘anhu, dia berkata,

 

«رَمَقْتُ الصَّلَاةَ مَعَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَوَجَدْتُ قِيَامَهُ فَرَكْعَتَهُ، فَاعْتِدَالَهُ بَعْدَ رُكُوعِهِ، فَسَجْدَتَهُ، فَجَلْسَتَهُ بَيْنَ السَّجْدَتَيْنِ، فَسَجْدَتَهُ، فَجَلْسَتَهُ مَا بَيْنَ التَّسْلِيمِ وَالِانْصِرَافِ، قَرِيبًا مِنَ السَّوَاءِ»

 

“Saya memperhatikan dengan mendalam shalat bersama Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam, maka saya dapati berdiri beliau, lalu ruku’ beliau, i’tidal beliau setelah ruku’ beliau, sujud beliau, duduk beliau di antara dua sujud, sujud beliau dan duduk beliau di antara salam dan menyelesaikan shalat hampir-hampir sama.” ([1])

 

Di dalam hadits Huzhaifah radhiyallaahu ‘anhu, dan ia ada dalam Shahiih Muslim, bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam membaca al-Qur`an di dalam shalat dengan al-Baqarah, an-Nisa`, dan Ali ‘Imran di dalam satu raka’at, kemudian Hudzaifah berkata,

 

ثُمَّ رَكَعَ، فَجَعَلَ يَقُولُ: «سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ»، فَكَانَ رُكُوعُهُ نَحْوًا مِنْ قِيَامِهِ، ثُمَّ قَالَ: «سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ»، ثُمَّ قَامَ طَوِيلًا قَرِيبًا مِمَّا رَكَعَ، ثُمَّ سَجَدَ، فَقَالَ: «سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى»، فَكَانَ سُجُودُهُ قَرِيبًا مِنْ قِيَامِهِ.

“Kemudian beliau ruku’, lalu mulai membaca subhaana rabbiyal ‘azhiim, dan adalah ruku’ beliau semisal dengan berdiri beliau. Kemudian beliau membaca sami’allaahu liman hamidahu, lalu berdiri panjang mendekati panjang ruku’, kemudian beliau sujud, lantas membaca subhaana rabbiyal a’la,  dan adalah sujud beliau mendekati lamanya berdiri beliau.” ([2])

 

Dan di dalam Sunan Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Musnad Imam Ahmad dari ‘Aisyah radhiyallaahu ‘anha, dia berkata,

 

وَيَمْكُثُ فِي سُجُودِهِ قَدْرَ مَا يَقْرَأُ أَحَدُكُمْ خَمْسِينَ آيَةً قَبْلَ أَنْ يَرْفَعَ رَأْسَهُ

 

“Dan beliau diam di dalam sujud beliau seukuran lima puluh ayat yang dibaca seseorang sebelum beliau mengangkat kepala beliau.” ([3])

 

Para imam tidak dituntut untuk mempraktekkan hadits ini secara tekstual; maka hal ini sulit bagi mereka dan akan menjadi fitnah bagi manusia, akan tetapi wajib bagi mereka untuk berpelan-pelan di dalam ruku’ dan sujud, serta rukun-rukun lain yang tersisa.

 

Pembicaraan ini masih berlanjut insyaallah bersama tema “Kesalahan-Kesalahan Khusus Dengan Shalat Witir, Dan Do’a Qunut.”

 

(Diterjemahkan oleh Muhammad Syahri dari kitab Akhthaa-unaa Fii Ramadhaan; al-Akhthaa` Allatii Yaqo’u Fiiha al-Aimmah ‘Inda Shalaati al-Qiyaam wa at-Taraawiih, Syaikh Nada Abu Ahmad)

 

_____________________________________________________________

Footnote:

([1]) HR. Muslim (471), Al-Bukhari (759, 768), an-Nasa-iy (1060, 1327), Abu Dawud (854), Ahmad (18621), at-Tirmidzi (279), lihat al-Jaami’ as-Shahiih li as-Sunan wa al-Masaanid (25/245)-pent

([2]) HR. Muslim (772), an-Nasa-iy (1664) lihat al-Jaami’ as-Shahiih li as-Sunan wa al-Masaanid (27/56)-pent

([3]) HR. Abu Dawud (1336) dishahihkan oleh al-Arnauth dan oleh al-Albaniy dalam

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *