Tuntunan Khutbah ‘Ied

 

Disusun oleh: Muslim Atsari

 

Nabi Muhammad ﷺ adalah teladan terbaik di dalam beragama. Termasuk di dalam tata cara khutbah.

 

Oleh karena itu, di sini kami susun secara ringkas tuntunan khutbah ‘ied sebagaimana yang dituntunkan oleh Nabi ﷺ.

 

Semoga bermanfaat bagi penulis khususnya, dan membantu saudara-saudara yang mengemban amanah untuk berkhutbah.

 

1- KHUTBAH SETELAH SHOLAT ‘IED

 

Inilah yang dilakukan oleh Nabi ﷺ dan Khulafaur Rosyidin.  Abdullah bin Abbas radhiyallaahu ‘anhuma berkata:

 

شَهِدْتُ الْعِيدَ مَعَ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم وَأَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ رضى الله عنهم فَكُلُّهُمْ كَانُوا يُصَلُّونَ قَبْلَ الْخُطْبَةِ .

 

“Aku menghadiri ‘ied bersama Rasulullah ﷺ, Abu Bakar, Umar, Utsman radhiyallaahu ‘anhum, mereka semua melakukan sholat sebelum khutbah.([1])

 

2- KHUTBAH TANPA MIMBAR

 

Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mengeluarkan mimbar dari masjid dibawa ke tanah lapang. Maka sepantasnya kita juga demikian, karena petunjuk beliau adalah sebaik-baik petunjuk.

 

Adapun orang yang pertama kali mengeluarkan mimbar dari masjid dibawa ke tanah lapang adalah Marwan bin al-Hakam, sehingga diingkari oleh sebagian jama’ah, sebagaimana disebutkan di dalam riwayat ini:

 

عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِىِّ قَالَ: أَخْرَجَ مَرْوَانُ الْمِنْبَرَ فِى يَوْمِ عِيدٍ فَبَدَأَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلاَةِ  فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ: “يَا مَرْوَانُ خَالَفْتَ السُّنَّةَ! أَخْرَجْتَ الْمِنْبَرَ فِى يَوْمِ عِيدٍ وَلَمْ يَكُنْ يُخْرَجُ فِيهِ! وَبَدَأْتَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلاَةِ!” فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ الْخُدْرِىُّ: “مَنْ هَذَا؟” قَالُوا فُلاَنُ بْنُ فُلاَنٍ. فَقَالَ: “أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ، سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ : «مَنْ رَأَى مُنْكَرًا فَاسْتَطَاعَ أَنْ يُغَيِّرَهُ بِيَدِهِ فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الإِيمَانِ»

 

Dari Thariq bin Syihab dari Abu Sa’id al-Khudri, dia berkata, “Marwan mengeluarkan mimbar pada hari ‘ied, lalu dia berkhutbah sebelum sholat.

 

Maka seorang laki-laki berdiri lalu berkata, ‘Hai Marwan, engkau telah menyelisihi Sunnah! Engkau mengeluarkan mimbar pada hari ‘ied, padahal mimbar tidak dikeluarkan pada hari ‘ied! Dan engkau memulai khutbah sebelum sholat!’.

 

Abu Sa’id al-Khudri berkata, ‘Siapa orang ini?’

 

Orang-orang menjawab, ‘Fulan bin Fulan’.

 

Kemudian Abu Sa’id al-Khudri berkata, ‘Adapun orang ini, dia telah menunaikan kewajibannya. Aku telah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, ‘Barangsiapa melihat kemungkaran, lalu dia mampu merubahnya dengan tangannya, maka hendaklah dia merubahnya dengan tangannya, jika dia tidak mampu maka dengan lisannya, jika dia tidak mampu maka  dengan hatinya, dan itu selemah-lemah iman”.([2])

 

Bahkan dengan jelas dikatakan oleh sahabat Abu Sa’id al-Khudri radhiyallaahu ‘anhu, bahwa Nabi ﷺ berkhutbah dengan berdiri di atas kedua kakinya.([3])

 

Di dalam riwayat lain disebutkan:

 

عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِىِّ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَالأَضْحَى إِلَى الْمُصَلَّى ، فَأَوَّلُ شَىْءٍ يَبْدَأُ بِهِ الصَّلاَةُ ثُمَّ يَنْصَرِفُ ، فَيَقُومُ مُقَابِلَ النَّاسِ ، وَالنَّاسُ جُلُوسٌ عَلَى صُفُوفِهِمْ ، فَيَعِظُهُمْ وَيُوصِيهِمْ وَيَأْمُرُهُمْ ، فَإِنْ كَانَ يُرِيدُ أَنْ يَقْطَعَ بَعْثًا قَطَعَهُ ، أَوْ يَأْمُرَ بِشَىْءٍ أَمَرَ بِهِ ، ثُمَّ يَنْصَرِفُ. قَالَ أَبُو سَعِيدٍ فَلَمْ يَزَلِ النَّاسُ عَلَى ذَلِكَ حَتَّى خَرَجْتُ مَعَ مَرْوَانَ وَهْوَ أَمِيرُ الْمَدِينَةِ فِى أَضْحًى أَوْ فِطْرٍ ، فَلَمَّا أَتَيْنَا الْمُصَلَّى إِذَا مِنْبَرٌ بَنَاهُ كَثِيرُ بْنُ الصَّلْتِ ، فَإِذَا مَرْوَانُ يُرِيدُ أَنْ يَرْتَقِيَهُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ ، فَجَبَذْتُ بِثَوْبِهِ فَجَبَذَنِى فَارْتَفَعَ ، فَخَطَبَ قَبْلَ الصَّلاَةِ ، فَقُلْتُ لَهُ غَيَّرْتُمْ وَاللهِ . فَقَالَ أَبَا سَعِيدٍ ، قَدْ ذَهَبَ مَا تَعْلَمُ . فَقُلْتُ مَا أَعْلَمُ وَاللهِ خَيْرٌ مِمَّا لاَ أَعْلَمُ. فَقَالَ إِنَّ النَّاسَ لَمْ يَكُونُوا يَجْلِسُونَ لَنَا بَعْدَ الصَّلاَةِ فَجَعَلْتُهَا قَبْلَ الصَّلاَةِ .

 

Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallaahu ‘anhu, dia berkata, “Pada hari raya Idul Firi dan Adlha Rasulullah ﷺ keluar menuju tempat shalat (lapangan), dan pertama kali yang beliau kerjakan adalah shalat hingga selesai. Kemudian beliau berdiri menghadap orang banyak sedangkan mereka dalam keadaan duduk di barisan mereka. Beliau memberi pengajaran, wasiat dan memerintahkan mereka. Dan apabila beliau ingin mengutus pasukan, maka beliau sampaikan atau beliau perintahkan (untuk mempersiapkannya), setelah itu beliau berlalu pergi.”

 

Abu Sa’id Al Khudri berkata, “Manusia senantiasa melaksanakan (tata cara shalat hari raya) seperti apa yang beliau laksanakan, hingga pada suatu hari aku keluar bersama Marwan -yang saat itu sebagai Amir di Madinah- pada hari raya Adlha atau Fithri.

 

Ketika kami sampai di tempat shalat, ternyata di sana sudah ada mimbar yang dibuat oleh Katsir bin Ash Shalt.

 

Ketika Marwan hendak menaiki mimbar sebelum pelaksanaan shalat, aku tarik pakaiannya dan dia balik menariknya, kemudian ia naik dan khuthbah sebelum shalat. Maka aku katakan kepadanya, “Demi Allah, kamu telah merubah (sunnah)!”

 

Lalu dia menjawab, “Wahai Abu Sa’id. Apa yang engkau ketahui itu telah berlalu.”

 

Aku katakan, “Demi Allah, apa yang aku ketahui lebih baik dari apa yang tidak aku ketahui.” Lalu dia berkata, “Sesungguhnya orang-orang tidak akan duduk (mendengarkan khutbah kami) setelah shalat. Maka aku buat (khutbah) sebelum shalat.”([4])

 

3- KHUTBAH SEKALI, BUKAN DUA KALI

 

Para Fuqoha menyebutkan bahwa khutbah ‘ied dilakukan dengan dua khutbah diselingi duduk di antaranya. Berdasarkan sebuah hadits berikut ini:

 

عَنْ جَابِرٍ قَالَ خَرَجَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَوْمَ فِطْرٍ أَوْ أَضْحًى فَخَطَبَ قَائِمًا ثُمَّ قَعَدَ قَعْدَةً ثُمَّ قَامَ.

 

Dari Jabir, dia berkata, “Rasulullah ﷺ keluar pada hari ‘iedul fithri atau adh-ha, beliau  berkhutbah dengan berdiri, lalu duduk sebentar, kemudian berdiri lagi”.([5])

 

Namun hadits ini dho’if sehingga tidak dapat dijadikan hujjah. Karena di dalam sanadnya terdapat perawi bernama Isma’il bin Muslim al-Makki. Tentang dia, imam Abu Zur’ah berkata, ‘Dia dho’if’, imam Ahmad berkata, “Dia seorang yang haditsnya mungkar”, imam Nasai berkata, “Dia ditinggalkan riwayatnya, dan ulama sepakat atas dho’ifnya”.

 

Di dalam sanadnya juga terdapat perawi bernama Abu Bahr Abdurrohman bin ‘Utsman, didho’ifkan oleh imam Ahmad, Ibnul Madini, Ibnu Ma’in, dan lainnya. Lihat: Al-Mizan 1/248; At-Tahdzib 3/392; Az-Zawaid  1/422. Oleh karena itu syaikh Al-Albani berkata tentang hadits ini, “Munkar secara sanad dan matan (isi)”.([6])

 

Yang nyata dari hadits yang shohih, khutbah ‘ied hanya sekali, sebagaimana dikatakan oleh sahabat Jabir:

 

قَامَ النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم يَوْمَ الْفِطْرِ، فَصَلَّى فَبَدَأَ بِالصَّلاَةِ ثُمَّ خَطَبَ، فَلَمَّا فَرَغَ نَزَلَ فَأَتَى النِّسَاءَ، فَذَكَّرَهُنَّ وَهْوَ يَتَوَكَّأُ عَلَى يَدِ بِلاَلٍ وَبِلاَلٌ بَاسِطٌ ثَوْبَهُ، يُلْقِى فِيهِ النِّسَاءُ الصَّدَقَةَ

 

“Nabi ﷺ berdiri pada hari ‘iedul fithri, lalu beliau sholat, beliau memulai dengan sholat lalu berkhutbah. Ketika beliau telah selesai berkhutbah, beliau turun lalu mendatangi wanita-wanita, beliau mengingatkan mereka dengan bersandar pada tangan Bilal. Dan Bilal membentangkan bajunya, para wanita melemparkan shadaqoh padanya”.([7])

 

Hadits shohih ini hanya menyebutkan satu khutbah, dan tidak mungkin menghitung nasehat bagi wanita itu sebagai khutbah kedua, karena beliau turun menuju para wanita agar nasehat beliau bisa didengar, karena waktu itu jama’ah sangat banyak sekali dan wanita berada di belakang tidak bisa mendengar khutbah beliau. Wallahu a’lam.

 

Syaikh Al-Utsaimin rahimahullah berkata, “Barangsiapa memperhatikan Sunnah yang telah disepakati di dalam Shohih Bukhari dan Muslim serta lainnya, akan menjadi jelas baginya bahwa Nabi sholallohu ‘alaihi wassallam tidak berkhutbah (‘ied) kecuali satu khutbah saja”.([8])

 

4- Menghadiri Khutbah Hukumnya Mustahab

 

Hukum mendengarkan khutbah ‘ied adalah sunnah, bukan wajib, berdasarkan hadits Abdullah bin Saib yang berkata:

 

حَضَرْتُ الْعِيدَ مَعَ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم فَصَلَّى بِنَا الْعِيدَ ثُمَّ قَالَ قَدْ قَضَيْنَا الصَّلاَةَ فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَجْلِسَ لِلْخُطْبَةِ فَلْيَجْلِسْ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَذْهَبَ فَلْيَذْهَبْ

 

“Aku menghadiri ‘ied bersama Rasulullah ﷺ, lalu beliau melaksanakan sholat ‘ied mengimami kami. Kemudian beliau bersabda, “Kita telah menyelesaikan sholat, maka barangsiapa suka duduk untuk mendengarkan khutbah, silahkan duduk, dan barangsiapa suka pergi silahkan dia pergi”.([9])

 

Syaikh ‘Adil bin Yusuf al-‘Azzazi berkata, “Ini menunjukkan bahwa mendengarkan khutbah ‘ied hukumnya sunnah, bukan wajib. Tetapi yang lebih utama: menghadiri (khutbah), mengambil manfaat dengan nasehat, dan menampakkan syi’ar persatuan”.([10])

 

5- Khutbah Dibuka Dengan Hamdalah Dan Pujian Kepada Allah, Bukan Dengan Takbir.

 

Sebagaimana umumnya khutbah Nabi ﷺ dibuka dengan hamdalah, sanjungan kepada Allah, syahadatain, bacaan ayat-ayat taqwa, dan perkataan amma ba’d. Juga disyari’atkan membaca shalawat setelah membaca syahadatain.

 

Dan pembuka khutbah terbaik adalah khutbatul haajah, sebagaimana diajarkan oleh Nabi ﷺ. Adapun kebanyakan khotib yang membuka dengan takbir, maka hal ini tidak ada dalilnya, wallohu a’lam.

 

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Tidak ada seorangpun yang meriwayatkan dari Nabi ﷺ bahwa beliau  membuka khutbah dengan selain hamdalah, baik khutbah ‘ied, khutbah istisqo’, atau lainnya”.([11])

 

Imam Ibnul Qoyyim  rahimahullah berkata, “Nabi ﷺ selalu membuka semua khutbah beliau dengan hamdalah, dan tidak dicatat dari beliau di dalam satu haditspun bahwa beliau membuka  khutbah dua ‘ied dengan takbir”.([12])

 

Imam Ibnul Qoyyim rahimahullah juga berkata, “Adapun yang dikatakan kebanyakan Ahli Fiqih, bahwa membuka khutbah istisqo’ dengan istighfar, khutbah dua ‘ied dengan takbir, maka tentang hal ini mereka tidak memiliki Sunnah dari Nabi ﷺ sama sekali. Bahkan Sunnah Nabi menyelisihinya, yaitu membuka semua khutbah dengan al-hamdulillah”.([13])

 

6-      Menyelingi Khutbah Dengan Takbir Haditsnya Lemah.

 

Hadits tentang ini diriwayatkan oleh imam Ibnu Majah dari jalan Abdurrohman bin Sa’d bin ‘Ammaar bin Sa’d al-Muadzin, dari kakeknya, dia berkata:

 

كَانَ النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم يُكَبِّرُ بَيْنَ أَضْعَافِ الْخُطْبَةِ يُكْثِرُ التَّكْبِيرَ فِى خُطْبَةِ الْعِيدَيْنِ.

 

“Dahulu Nabi ﷺ biasa bertakbir di tengah-tengah khutbah, beliau memperbanyak takbir di dalam khutbah dua ‘ied.”([14])

 

Hadits ini dho’if (lemah) sehingga tidak dapat dijadikan dalil.

 

Abdurrohman bin Sa’d dinyatakan dho’if oleh imam Ibnu Ma’in, dan imam Bukhari berkata, “Padanya terdapat pertimbangan”.([15])

 

Demikian juga bapaknya dan kakeknya tidak diketahui keadaannya.

 

Syaikh Al-Albani mendho’ifkan hadits ini di dalam kitab Irwaul Gholil no. 647.

 

7- Tema Khutbah Sesuai Dengan Kebutuhan.

 

Sekelompok  ahli fiqih menganggap baik jika tema khutbah ‘iedul fithri adalah tentang zakat fithri, jenisnya, ukurannya, pahalanya, siapa yang wajib dan seterusnya. Sedangkan pada waktu khutbah ‘iedul adh-ha adalah tentang kurban dan hukum-hukumnya. Namun sesungguhnya tidaklah harus demikian.

 

Menerangkan masalah kurban pada waktu khutbah ‘iedul adh-ha adalah bagus, tetapi menerangkan zakat fithri pada waktu khutbah ‘iedul fithri tidak bermanfaat, karena waktunya telah lewat! Oleh karena itu tema khutbah yang baik adalah yang sesuai dengan keadaan dan perkara-perkara yang akan membawa kebaikan di dunia dan diakhirat, wallohu a’lam.

 

8- Memberikan Nasehat Untuk Wanita

 

Di antara tuntunan Nabi ﷺ di dalam khutbah ‘ied adalah beliau memberikan nasehat  khusus bagi para wanita, sebagaimana disebutkan di dalam hadits Jabir berikut ini:

 

قَامَ النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم يَوْمَ الْفِطْرِ، فَصَلَّى فَبَدَأَ بِالصَّلاَةِ ثُمَّ خَطَبَ، فَلَمَّا فَرَغَ نَزَلَ فَأَتَى النِّسَاءَ، فَذَكَّرَهُنَّ وَهْوَ يَتَوَكَّأُ عَلَى يَدِ بِلاَلٍ وَبِلاَلٌ بَاسِطٌ ثَوْبَهُ، يُلْقِى فِيهِ النِّسَاءُ الصَّدَقَةَ

 

“Nabi ﷺ berdiri pada hari ‘iedul fithri, lalu beliau sholat, beliau memulai dengan sholat lalu berkhutbah. Ketika beliau telah selesai berkhutbah, beliau turun lalu mendatangi wanita-wanita, beliau mengingatkan mereka dengan bersandar pada tangan Bilal. Dan Bilal membentangkan bajunya, para wanita melemparkan shadaqoh padanya”.([16])

 

9- Mengakhiri Dengan Doa

 

Karena pada waktu itu banyak umat Islam berkumpul, maka sebaiknya diakhiri dengan doa memohon  kebaikan didunia dan akhirat untuk semuanya.

 

Inilah ringkasan tata cara khutbah ‘ied. Semoga bermanfaat.

 

Al-hamdulillahi Rabbil ‘alamin.

 

Ditulis oleh Muslim Atsari,

Sragen, Sabtu, 4-Romadhon-1434 H / 13-Juli-2013 M

__________________

Footnote:

([1]) HR. Bukhari, no. 962; Muslim, no. 884

([2]) HR. Abu Dawud, no. 1142; Ibnu Majah, 1275

([3]) HR. Ibnu Majah, no. 1288, dishohihkan oleh Al-Albani

([4]) Hadits Riwayat Bukhari 956, Muslim 889 dan An-Nasaa’i 3/187

([5]) HR. Ibnu Majah, no. 1289

([6]) Sunan Ibnu Majah, no. 1289

([7]) HR. Bukhari, no. 978; Muslim,no. 885

([8]) Syarhul Mumti’ 5/192

([9]) HR. Abu Dawud, no. 1155; Nasai 3/185; Ibnu Majah, no. 1290; dishohihkan oleh Al-Albani

([10]) Tamamul Minnah 2/49

([11]) Majmu’ Fatawa 22/393

([12]) Zadul Ma’ad 1/447

([13]) Zadul Ma’ad 1/186

([14]) HR. Ibnu Majah, no. 1287

([15]) Lihat: At-Tahdzib 3/366, no. 417

([16]) HR. Bukhari, no. 978; Muslim,no. 885

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *