Kebaikan-kebaikan akan mengapus kesalahan-kesalahan;
11-1. Dari Abu Dzar radhiyallaahu ‘anhu, dia berkata, ‘Aku pernah berkata,
يَا رَسُوْلَ اللهِ! أَوْصِنِيْ. قَالَ: «إِذَا عَمِلْتَ سَيِّئَةً فَأَتْبِعْهَا حَسَنَةً تَمْحُهَا». قَالَ قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ! أَمِنَ الْحَسَنَاتِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهِ؟ قَالَ: «هِيَ أَفْضَلُ الْحَسَنَاتِ»
‘Ya Rasulullah, berikanlah wasiat kepadaku! Maka beliau bersabda, ‘Jika Engkau melakukan satu keburukan, maka ikutilah dia dengan kebaikan, kebaikan itu akan menghapusnya.’ Dia berkata, ‘Ku katakan, ‘Ya Rasulullah, apakah laa ilaaha illallaah termasuk kebaikan?’ Maka beliau bersabda, ‘Ia adalah seutama-utamanya kebaikan.’([1])
12-2. Dari Abu Dzar radhiyallaahu ‘anhu, dia berkata, ‘Rasulullah ﷺ bersabda kepadaku,
اتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ
“Bertakwalah kepada Allah dimana saja kamu berada; dan ikutilah keburukan dengan kebaikan, kebaikan itu akan menghapusnya; dan pergaulilah manusia dengan pergaulan yang baik.”([2])
13-3. Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallaahu ‘anhuma, dari Nabi ﷺ, dalam hadits yang beliau riwayatkan dari Tuhan beliau radhiyallaahu ‘anhu, Dia berfirman,
«إِنَّ اللهَ كَتَبَ الْحَسَنَاتِ وَالسَّيِّئَاتِ ثُمَّ بَيَّنَ ذَلِكَ فَمَنْ هَمَّ بِحَسَنَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كَتَبَهَا اللهُ لَهُ عِنْدَهُ حَسَنَةً كَامِلَةً، فَإِنْ هُوَ هَمَّ بِهَا فَعَمِلَهَا كَتَبَهَا اللهُ لَهُ عِنْدَهُ عَشْرَ حَسَنَاتٍ إِلَى سَبْعِ مِائَةِ ضِعْفٍ إِلَى أَضْعَافٍ كَثِيرَةٍ، وَمَنْ هَمَّ بِسَيِّئَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كَتَبَهَا اللهُ لَهُ عِنْدَهُ حَسَنَةً كَامِلَةً، فَإِنْ هُوَ هَمَّ بِهَا فَعَمِلَهَا كَتَبَهَا اللهُ لَهُ سَيِّئَةً وَاحِدَةً»
“Sesungguhnya Allah telah menetapkan kebaikan-kebaikan dan keburukan-keburukan. Kemudian menjelaskan yang demikian. Maka barangsiapa bermaksud melakukan satu kebaikan, lalu tidak mengamalkannya, maka Allah akan tulis untuknya satu kebaikan sempurna di sisi-Nya. Jika dia bermaksud melakukan satu kebaikan tersebut, lalu mengamalkannya, maka Allah menulisnya sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kali lipat, hingga pelipatan yang banyak di sisi-Nya. Dan barangsiapa bermaksud melakukan satu keburukan, lalu tidak mengamalkannya, maka Allah menuliskan untuknya satu kebaikan sempurna di sisi-Nya, dan jika dia bermaksud melakukan satu keburukan, lalu dia mengamalkannya, maka Allah tuliskan untuknya satu kebaikan.”([3])
14-4. Dari Abu al-Khoir, bahwasannya dia pernah mendengar ‘Uqbah bin ‘Aamir berkata, ‘Rasulullah ﷺ bersabda,
«إِنَّ مَثَلَ الَّذِي يَعْمَلُ السَّيِّئَاتِ، ثُمَّ يَعْمَلُ الْحَسَنَاتِ، كَمَثَلِ رَجُلٍ كَانَتْ عَلَيْهِ دِرْعٌ ضَيِّقَةٌ قَدْ خَنَقَتْهُ، ثُمَّ عَمِلَ حَسَنَةً، فَانْفَكَّتْ حَلْقَةٌ، ثُمَّ عَمِلَ حَسَنَةً أُخْرَى، فَانْفَكَّتْ حَلْقَةٌ أُخْرَى، حَتَّى يَخْرُجَ إِلَى الْأَرْضِ»
“Sesungguhnya perumpamaan orang yang melakukan keburukan-keburukan, kemudian dia melakukan kebaikan-kebaikan adalah seperti perumpamaan seorang laki-laki yang mengenakan baju besi yang sempit yang mencekiknya; kemudian dia melakukan kebaikan, maka terurailah satu lempengan; kemudian dia melakukan satu kebaikan yang lain, maka terurailah satu lempengan lain, hingga dia keluar ke bumi.”([4])
(Diambil dari kitab Mukaffiraatu adz-Dzunuubi wal Khathaayaa Wa Asbaabul Maghfirati Minal Kitaabi Was Sunnah oleh DR. Sa’id bin ‘Aliy bin Wahf al-Qahthaniy, alih bahasa oleh Abu Rofi’ Muhammad Syahri)
_____________________________________
Footnote:
([1]) Dikeluarkan oleh Imam Ahmad di dalam al-Musnad, 35/386, no. 21487, dan dishahihkan oleh al-Albaniy dalam Silsilatu al-Ahaadiits as-Shahiihah, no. 1373. Dan para pentahqiiq al-Musnad, 35/386 berkata, ‘Hasan lighairihi.’
([2]) At-Tirmidzi, Kitab al-Birr wa as-Shilah, Bab Riwayat Yang Datang Tentang Mempergauli Manusia, no. 1987, dan dihasankan oleh al-Albaniy dalam Shahiih Sunan at-Tirmidzi, 2/191.
([3]) Al-Bukhari, Kitab ar-Raqaaq, Bab Barangsiapa Bermaksud Melakukan Kebaikan Ataupun Keburukan, no. 6491; Muslim, Kitaab al-Iimaan, Bab Jika Seorang Hamba Bermaksud Melakukan Satu Kebaikan Maka Ditulislah Satu Kebaikan, Dan Jika Bermaksud Melakukan Satu Keburukan, Maka Tidak Ditulis Satu Keburukan, no. 131.
([4]) Dikeluarkan oleh Imam Ahmad di dalam al-Musnad, 28/543, no. 17307; at-Thabraniy dalam al-Kabiir, 17/284, no. 784. Para pentahqiiq al-Musnad berkata, ‘Sanadnya hasan.’ Dihasankan oleh al-Albaniy dalam Shahiih al-Jaami’ as-Shaghiir, no. 2192, dan dia menyebutnya di dalam Silsilah al-Ahaadiits as-Shahiihah, no. 2854.