21. Memperbanyak jumlah rakaat tanpa memanjangkan berdiri.
Terdapat orang yang shalat malam, lalu dia memperbanyak jumlah rakaat dan mensedikitkan bacaan al-Qur`an dan berdirinya. Ini adalah baik lagi berpahala insyaallah. Akan tetapi ini menyelisihi apa yang Nabi ﷺ berada di atasnya, dimana beliau memanjangkan berdiri, dan telah memberikan petunjuk kepada kita bahwa inilah yang paling utama.
Imam Muslim telah mengeluarkan hadits dari Jabir radhiyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah ﷺ pernah ditanya,
أَيُّ الصَّلَاةِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: طُوْلُ الْقُنُوْتِ
“Shalat manakah yang paling utama?’ Maka beliau menjawab, ‘Panjangnya berdiri.” ([1])
Pada riwayat Abu Dawud dari hadits ‘Abdillah bin Hubsyi, ‘Bahwa Nabi ﷺ pernah ditanya,
أَيُّ الْأَعْمَالِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: «طُولُ الْقِيَامِ»
“Amal yang manakah yang paling utama? Maka beliau bersabda, ‘Yang panjang berdirinya.” ([2])
An-Nawawiy rahimahullah berkata di dalam mensyarah hadits ini, ‘Yang dimaksud dengan qunut di sini adalah berdiri, dengan kesepakatan para ulama yang kuketahui. Dan di dalamnya terdapat dalil bagi as-Syafi’iy dan orang yang berpendapat seperti pendapatnya,
إِنَّ تَطْوِيْلَ الْقِيَامِ أَفْضَلُ مِنْ كَثْرَةِ الرُّكُوْعِ وَالسُّجُوْدِ
‘Sesungguhnya memanjangkan berdiri lebih afdhal daripada memperbanyak ruku’ dan sujud.’ Selesai.
Dan inilah yang dilakukan oleh Nabi ﷺ, dimana beliau memanjangkan berdiri.
Al-Bukhari dan Muslim telah mengeluarkan hadits dari ‘Asiyah radhiyallaahu ‘anha, dia berkata,
أَنَّ نَبِيَّ اللهِ ﷺ كَانَ يَقُومُ مِنَ اللَّيْلِ حَتَّى تَتَفَطَّرَ قَدَمَاهُ
“Sesungguhnya Rasulullah ﷺ biasa berdiri shalat malam hingga kedua tapak kaki beliau membengkak.” ([3])
Di dalam hadits Hudzaifah radhiyallaahu ‘anhu, dan ia ada di dalam Shahiih Muslim, “Bahwasannya Nabi ﷺ membaca surat al-Baqarah, an-Nisa`, dan Ali ‘Imran di dalam satu rakaat.” ([4])
Pada riwayat al-Bukhari dan Muslim dari ‘Abdillah bin Mas’ud radhiyallaahu ‘anhu, dia berkata,
«صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَطَالَ حَتَّى هَمَمْتُ بِأَمْرِ سَوْءٍ»، فَقِيلَ: وَمَا هَمَمْتَ بِهِ؟ قَالَ: «هَمَمْتُ أَنْ أَجْلِسَ وَأَدَعَهُ»
“Aku pernah shalat bersama Rasulullah ﷺ, lalu beliau memperpanjang (shalat) hingga saya berniat dengan perkara buruk.’ Maka dikatakan, ‘Apa yang engkau akan niatkan?’ Dia berkata, ‘Aku berniat untuk duduk dan meninggalkan beliau.” ([5])
Al-Hafizh rahimahullah berkata di dalam Fathul Baariy (3/19), ‘Di dalam hadits terdapat dalil akan pilihan Nabi ﷺ dalam memanjangkan shalat malam. Dan adalah Ibnu Mas’ud radhiyallaahu ‘anhu kala itu adalah seorang yang kuat lagi menjaga sikap mencontoh Nabi ﷺ, dan tidaklah dia berniat untuk duduk melainkan setelah panjangnya beliau ﷺ melebihi kebiasaan beliau.’ Selesai.
Al-Hafizh ad-Dimyati rahimahullah berkata di dalam kitab al-Matjar ar-Raabih Fii Tsawaabi al-‘Amal as-Shalih (hal. 51), ‘Para Ulama berkata, ‘Sesungguhnya yang paling utama di waktu siang adalah memperbanyak sujud, di waktu malam dengan memperpanjang berdiri sebagaimana telah datang tentang pensifatan shalat Rasulullah ﷺ di waktu malam. Dalam rangka mengumpulkan hadits-hadits yang adalah. Wallahu a’lam.”
22. Keluarnya kaum laki-laki dengan cepat dari masjid setelah shalat tarawih.
Ini adalah sebuah kesalahan. Bahkan yang wajib bagi mereka adalah diam sebentar setelah selesainya shalat hingga memungkinkan bagi kaum wanita untuk pergi sebelum kaum laki-laki agar tidak terjadi ikhtilath (campur baru laki dan perempuan).
Al-Bukhari telah mengeluarkan hadits dari Ummu Salamah radhiyallaahu ‘anha, dia berkata,
كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ﷺ إِذَا سَلَّمَ مِنْ صَلَاتِهِ قَامَ النِّسَاءُ حِيْنَ يَقْضِيْ تَسْلِيْمَهُ، وَمَكَثَ النَّبِيُّ ﷺ فِيْ مَكَانِهِ يَسِيْرًا
“Adalah Rasulullah ﷺ, jika beliau salam dari shalat beliau, maka kaum wanitapun berdiri saat beliau menyelesaikan salam beliau, lalu Nabi ﷺ dia sebentar di tempat duduk beliau ﷺ.”([6])
Ibnu Syihab rahimahullah berkata, ‘Maka Anda bisa melihat, wallaahu a’lam, hal itu dilakukan agar yang pergi dari kalangan kaum wanita selesai sebelum orang yang pergi dari kalangan kaum laki-laki mendapati mereka.”
Pada riwayat Abu Dawud dengan lafazh,
«كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَلَّمَ مَكَثَ قَلِيلًا، وَكَانُوا يَرَوْنَ أَنَّ ذَلِكَ، كَيْمَا يَنْفُذُ النِّسَاءُ قَبْلَ الرِّجَالِ»
“Adalah Rasulullah ﷺ, jika beliau telah salam, maka beliau diam sebentar. Adalah mereka berpandangan agar yang demikian itu bisa membuat kaum perempuan selesai pergi sebelum kaum laki-laki.” ([7])
Peringatan: pembicaraan ini tentang masjid-masjid yang menggabungkan tempat shalat kaum wanita, dan tempat-tempat keluar yang berdekatan.
(Diambil dari kitab Akhthoo-unaa Fii Ramadhaan, Syaikh Nada Abu Ahmad, alih bahasa oleh Muhammad Syahri)
___________________________________
Footnote:
([1]) HR. Muslim (84), al-Bukhari (2382), al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad (162), Ahmad (9026), lihat al-Jaami’ as-Shahiih li as-Sunan wa al-Masaanid (6/277)-pent
([2]) HR. Abu Dawud (1449) Syaikh al-Arnauth berkata, ‘Sanadnya kuat.’-pent
([3]) HR. Al-Bukhari (4557), Muslim (2820)-pent
([5]) HR. Muslim (773), al-Bukhari (1084)-pent
([6]) HR. al-Bukhari (849)-pent
([7]) HR. Abu Dawud (1040), Syiakh al-Albaniy berkata di dalam Shahiih Sunan Abu Dawud (4/204), ‘Sanadnya shahih menurus syarat as-Syaikhain, dan al-Bukhari telah mengeluarkannya di dalam Shahiihnya.’-pent