11. Meninggalkan tasbih dan do’a yang telah diriwayatkan setelah witir.
Banyak di antara manusia tidak mengetahui tasbih dan do’a yang diriwayatkan setelah shalat witir. Lebih dari itu, dia tidak mengucapkannya setelah witir.
Yang benar adalah bahwa disunnahkan setelah salam dari shalat witir untuk bertasbih, berdasarkan riwayat yang ada di dalam hadits Ubay bin Ka’b radhiyallaahu ‘anhu, dia berkata
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِيْ الْوِتْرِ بِـ{سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى}، وَ{قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ}، وَ{قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ} فَإِذَا سَلَّمَ قَالَ: سُبْحَانَ الْمَلِكُ الْقُدُّوْسُ، ثَلَاثَ مَرَّاتٍ
“Adalah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam di dalam shalat witir biasa membaca sabbihisma rabbikal a’laa, qul yaa ayyuhal kaafiruun, dan qul huwallaahu ahad, maka jika beliau salam, beliau membaca subhaanal malikul qudduus -tiga kali.” (HR. Abu Dawud, an-Nasa-iy, Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh al-Albaniy) ([1])
Pada riwayat ‘Abd bin Abza -dan menambah di akhirnya-
وَرَفَعَ صَوْتَهُ فِيْ الْآخِرَةِ
“Dan beliau tinggikan suara beliau di akhirnya.”
Pada riwayat an-Nasa-iy:
يَمُدُّ بِهَا صَوْتَهُ وَيَرْفَعُهُ
“Dan beliau panjangkan, dan tinggikan suara beliau dengannya.” ([2])
Dan boleh baginya untuk menambahkan:
رَبُّ الْمَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ
“Tuhannya para malaikat dan malaikat Jibril.” (Dan tambahan ini ada pada riwayat ad-Daraquthni dengan sanad shahih) ([3])
Dan dari ‘Aliy radhiyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam di akhir witir beliau, beliau biasa membaca:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ ، وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ , وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ , لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ
“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemurkaan-Mu, dan dengan maaf-Mu dari hukuman-Mu, dan aku berlindung dengan-Mu dari-Mu; aku tidak bisa menghitung pujian atas-Mu, sebagaimana Engkau telah memuji diri-Mu sendiri.” (HR. Muslim) ([4])
(Diterjemahkan oleh Muhammad Syahri dari kitab Akhthaa-unaa Fii Ramadhaan; al-Akhthaa` al-Khaashshah Bishalaatil Witri Wa Du’aa-i al-Qunuuti Fiihaa, Syaikh Nada Abu Ahmad)
_____________________________________________________________
Footnote:
([1]) HR. Ahmad (15390), ‘Abdurrazzaaq (4696), an-Nasa-iy (1732), Ibnu Abi Syaibah (6872), dishahihkan oleh al-Anauth, lihat al-Jaami’ as-Shahiih li as-Sunan wa al-Masaanid (27/118)-pent
([2]) HR. An-Nasa-iy (1753), lihat al-Jaami’ as-Shahiih li as-Sunan wa al-Masaanid (27/157)-pent
([3]) HR. Ad-Daraquthni (1660)-pent
([4]) HR. Ahmad (751), Abu Dawud (1427), an-Nasa-iy (1747), at-Tirmidzi (3566), dishahihkan oleh al-Albaniy dalam al-Irwa` (430), Syaikh Syu’eib al-Arnauth berkata, ‘Sanadnya qawiy.’ Lhat al-Jaami’ as-Shahiih li as-Sunan wa al-Masaanid (27/158)-pent