Hadîts-Hadîts Yang Tidak Benar Tentang Bulan Rajab

 Hadîts-Hadîts Yang Tidak Benar
Tentang Bulan Rajab

 rajab

Pada bulan ini kita akan membahas beberapa hadîts yang tersebar di tengah masyarakat  tentang bulan Rajab, bahkan banyak khathib dan da’i yang meyakini kebenarannya , padahal tidak demikian.

Al-Hâfidz ibnu Hajar / berkata: “Tidak pernah diriwayatkan satu hadîts shahihpun yang bisa
digunakan sebagai hujjah tentang fadhilah (keutamaan) bulan Rajab, puasa Rajab, dan  puasa pada hari-hari  tertentu di dalamnya. Juga tidak ada hadîts khusus tentang shalat malam di dalamnya. Imâm Abû Ismail al-Harawi al-Hâfidz telah mendahuluiku dalam menetapkan hal ini. Kami telah meriwayatkan dari beliau dengan sanad yang shahîh, juga  kami telah meriwayatkannya dari selain
beliau.”

(Lihat kitab Tabyînul ‘Ajab fîma waroda fî fadhli rajab oleh al-Hâfidz ibnu Hajar hal. 6 dan 8; kitab as-Sunan wal mubtadi’at oleh as-Syuqairi, hal. 125)

Berikut ini adalah hadîts-hadîts yang paling banyak tersebar di masyarakat:

1.     Hadîts:

« اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَ شَعْبَانَ وَ بَلِّغْنَا رَمَضَانَ »

“Ya Allah, berkahilah kami di dalam bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan.” (HR. Ahmad, Thabarani dalam al-Ausath)

Al-Hâfidz al-Haitsami berkata: “Hadîts tersebut diriwayatkan oleh al-Bazzar dan di dalamnya terdapat Zaidah ibnu Abi ar-Raqad, al-Bukhari berkata tentangnya: “Haditsnya mungkar, jama’ah ahlu hadîts tidak mengetahuinya.”

Lihat kitab Majma’ az-Zawaid oleh al-Haitsami (II/165) cet. Dar ar-Rayyan tahun 1407 H.

Imâm an-Nawawi telah mendha’îfkannya sebagaimana beliau sebutkan dalam kitab al-Adzkar, begitupula adz-Dzahabî di dalam al-Mizan (III/96) cet. Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah 1995 M.

2.     Hadîts:

« فَضْلُ شَهْرِ رَجَبَ عَلىَ الشُّهُوْرِ كَفَضْلِ الْقُرْآنِ عَلىَ سَائِرِ الْكَلاَمِ »

“Keutamaan bulan Rajab atas bulan-bulan lain seperti keutamaan al-Qur`an atas seluruh perkataan.” (Hadîts maudhu’ / palsu)

Ibnu Hajar mengatakan bahwa hadîts tersebut palsu.

Lihat kitab Kasyful Khafa` (II/110) oleh al-‘Ajluni cet. Muassasah ar-Risalah 1405 H, dan kitab al-Mashnu’ oleh Ali ibn Sulthan al-Qori (I/128) cet. Maktabah ar-Rusyd tahun 1404 H.

3.     Hadîts:

« رَجَبُ شَهْرُ اللهِ وَشَعْبَانُ شَهْرِيْ وَرَمَضَانُ شَهْرُ أُمَّتِيْ »

“Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku.” (Hadîts palsu)

Diriwayatkan oleh ad-Dailami dan yang lainnya dari Anas ط secara marfu’, akan tetapi Ibnu al-Jauzi menyebutkannya di dalam al-Maudhu’at dengan jalan yang bermacam-macam. Demikian pula al-Hâfidz Ibnu Hajar menyebutkannya di dalam kitab Tabyinul Ajab Fîmâ Warada Fi Rajab.

Lihat kitab Faidhul Qodir oleh al-Munawi (IV/162 dan 166) cet. Al-Maktabah at-Tijariyah al-Kubra tahun 1356 H. Dan kitab Kasyful Khafa` oleh al-‘Ajluni (II/13) cet. Muassasah ar-Risalah 1405 H.

4.     Hadîts:

« لاَ تَغْفَلُوا عَنْ أَوَّلِ جُمْعَةٍ مِنْ رَجَبَ فَإِنَّهَا لَيْلَةٌ تُسَمِّيْهَا الْمَلاَئِكَةُ الرَّغَائِبَ … »

“Janganlah kalian lalai terhadap Jum’at pertama bulan Rajab, dikarenakan dia adalah suatu malam yang dinamakan ar-Raghaib oleh para malaikat…” (Hadîts palsu yang sangat panjang )

Lihat Kasyful Khifa` oleh al-‘Ajluni (1/95) cet. Muassasah ar-Risalah 1405 H dan kitab Naqdul Manqul oleh az-Zar’i (1/83) cet. Dar al-Qodiri tahun 1411 H.

5.     Hadîts:

« رَجَبُ شَهْرٌ عَظِيْمٌ يُضَاعَفُ اللهُ فِيْهِ الْحَسَنَاتِ، فَمَنْ صَامَ يَوْمًا مِنْ رَجَبَ فَكَأَنَّمَا صَامَ سَنَةً، وَمَنْ صَامَ مِنْهُ سَبْعَةَ أَيَّامٍ غُلِّقَتْ عَنْهُ سَبْعَةُ أَبْوَابِ جَهَنَّمَ، وَمَنْ صَامَ مِنْهُ ثَمَانِيَةَ أَيَّامٍ حُسِّنَتْ لَهُ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ، وَمَنْ صَامَ مِنْهُ عَشْرَ أَيَّامٍ لَمْ يَسْأَلِ اللهَ إِلاَّ أَعْطَاهُ، وَمَنْ صَامَ مِنْهُ خَمْسَةَ عَشَرَ يَوْمًا نَادَى مُنَادٍ فِي السَّمَاءِ: قَدْ غُفِرَ لَكَ مَا مَضىَ فَاسْتَأْنِفِ الْعَمَلَ، وَمَنْ زَادَ زَادَهُ اللهُ، وَفِيْ رَجَبَ حَمَلَ اللهُ نُوْحًا فِي السَّفِيْنَةِ فَصَامَ رَجَبَ وَأَمَرَ مَنْ مَعَهُ أَنْ يَصُوْمُوا،  فَجَرَتْ سَبْعَةَ أَشْهُرٍ أُخَرَ ذَلِكَ يَوْمُ عَاشُوْرَاءَ أَهْبَطَ عَلىَ الْجُوْدِيْ فَصَامَ نُوْحٌ وَمَنْ مَعَهُ وَالْوَحْشُ شُكْرًا ِللهِ عَزَّ وَجَلَّ، وَفِيْ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ فَلَقَ اللهُ الْبَحْرَ لِبَنِيْ إِسْرَائِيْلَ، وَفِيْ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ تَابَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلىَ آدَمَ × وَعَلىَ مَدِيْنَةِ يُوْنُسَ وَفِيْهِ وُلِدَ إِبْرَاهِيْمَ × »

“Rajab adalah sebuah bulan yang agung. Allah melipat gandakan kebaikan di dalamnya. Maka barangsiapa puasa sehari dari bulan Rajab, seakan-akan dia telah berpuasa setahun, dan barangsiapa berpuasa tujuh hari darinya, akan ditutup darinya tujuh pintu neraka, dan barangsiapa berpuasa delapan hari darinya, akan dihiasilah untuknya delapan pintu surga, dan barangsiapa berpuasa sepuluh hari darinya, maka tidaklah dia meminta kepada Allah kecuali Allah akan memberinya, dan barangsiapa berpuasa lima belas hari darinya, maka berserulah penyeru dari langit, “Telah diampuni untukmu apa-apa yang telah lalu maka mulailah amal yang baru!” Dan barangsiapa menambah (amalannya), maka Allah akan menambahnya. Dan di dalam bulan Rajab, Allah mengangkut Nuh kedalam kapal, kemudian beliau puasa Rajab, dan memerintahkan kepada orang-orang yang bersama
beliau untuk puasa Rajab.
Kemudian berlayarlah kapal tersebut selama tujuh bulan lagi, yaitu pada hari ‘Asyura’, Allah mendaratkannya diatas bukit dan berpuasalah Nuh dan orang-orang yang bersamanya begitupula binatang-binatang buas, sebagai bentuk syukur kepada Allah
U. Pada hari ‘Asyura’ Allah membelah laut untuk Bani Israil, dan pada hari ‘Asyura`Allah menerima taubat Nabi Adam ؛  dan penduduk kota Nabi Yunus ؛ , dan pada hari itu Nabi Ibrahim ؛  dilahirkan.”

Imâm Adz-Dzahabî berkata: “Ini bathil, dan sanad yang gelap.” Al-Haitsami berkata: “Diriwayatkan oleh at-Thabarani dalam al-Kabir dan di dalamnya terdapat ‘Abdul Ghofur, dan dia matruk (haditsnya ditinggalkan).”

Lihat kitab al-Mizan oleh adz-Dzahabî (V/62) cet. Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah 1995 M, dan kitab Majma’ az-Zawaid oleh al-Haitsami (III/188) cet. Dar ar-Rayyan 1407 H. Lihat pula Silsilah ad-Dha’ifah oleh al-Albani (XI/415)

6.     Hadîts:

« مَا مِنْ أَحَدٍ يَصُوْمُ يَوْمَ الْخَمِيْسِ (أَوَّلَ خَمِيْسٍ مِنْ رَجَبَ) ثُمَّ يُصَلِّي فِيْمَا بَيْنَ الْعِشَاءَ وَالْعَتَمَةِ يَعْنِيْ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ اثْنَتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةٍ ، يَقْرَأُ فِيْ كُلِّ رَكْعَةٍ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ مَرَّةً وَ + إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ _  ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ، و + قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ _ اثْنَتَيْ عَشْرَةَ مَرَّةٍ ، يُفَصِّلُ بَيْنَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ بِتَسْلِيْمَةٍ ، فَإِذَا فَرَغَ مِنْ صَلاَتِهِ صَلىَّ عَلَيَّ سَبْعِيْنَ، فَيَقُوْلُ فِيْ سُجُوْدِهِ سَبْعِيْنَ مَرَّةٍ : (سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّ الْمَلاَئِكَةِ وَالرُّوْحِ) ، ثُمَّ يَرْفَعُ رَأْسَهُ وَيَقُوْلُ سَبْعِيْنَ مَرَّةٍ : رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَتَجَاوَزْ عَمَّا تَعْلَمُ ، إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ
اْلأَعْظَمُ ، ثُمَّ
يَسْجُدُ الثَّانِيَةَ فَيَقُوْلُ مِثْلَ مَا قَالَ فِي السَّجْدَةِ اْلأُوْلىَ ، ثُمَّ يَسْأَلُ اللهَ تَعَالىَ حَاجَتَهُ ، فَإِنَّهَا تُقْضَى، وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ ، مَا مِنْ عَبْدٍ وَلاَ أَمَةٍ صَلىَّ هَذِهِ الصَّلاَةَ إِلاَّ غَفَرَ اللهُ لَهُ جَمِيْعَ ذُنُوْبِهِ ، وَلَوْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ ، وَعَدَدِ الرَّمْلِ ، وَوَزْنِ الْجِبَالِ ، وَوَرَقِ اْلأَشْجَارِ ، وَيَشْفَعُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِيْ سَبْعِمِئِةٍ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ مِمَّنْ قَدِ اسْتَوْجَبَ النَّارَ »

“Tidak ada seorangpun yang berpuasa pada hari Kamis (Kamis pertama dari bulan Rajab) kemudian shalat antara ‘Isya` dengan subuh, yaitu pada malam Jum’at sebanyak dua belas rakaat, pada setiap rakaat dia membaca al-Fatihah sekali dan      [إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ] sebanyak tiga kali, dan [قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ] sebanyak dua belas kali, setiap dua rakaat dipisah dengan satu salam. Lalu jika dia telah selesai dari shalatnya dia bershalawat atasku sebanyak tujuh puluh kali, kemudian dalam sujudnya membaca [سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّ الْمَلاَئِكَةِ وَالرُّوْحِ] sebanyak tujuh puluh kali, kemudian dia mengangkat kepalanya dan membaca [رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَتَجَاوَزْ عَمَّا تَعْلَمُ ، إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ اْلأَعْظَمُ] (Ya Tuhanku ampuni, kasihani dan mafkan aku dari hal-hal yang Engkau Maha Tahu), kemudian sujud yang kedua, dia membaca seperti yang dia baca pada sujud yang pertama kemudian dia meminta kepada Allah ta’ala hajat keperluannya, pasti  permintaan tersebut akan dipenuhi. Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, tidak ada seorang hamba laki-laki dan wanitapun yang shalat dengan shalat ini kecuali Allah akan mengampuni seluruh dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih di lautan, sejumlah kerikil, seberat gunung, dan sebanyak dedaunan pohon, dan dia akan memberikan syafaat pada hari kiamat kepada tujuh ratus anggota keluarganya yang telah berhak masuk neraka.” (Hadîts palsu)

Sejumlah ulama menetapkan kepalsuan hadîts ini, lihat kitab Fatawa al-Imâm an-Nawawi halaman 57, Tanbihul Ghafilin halaman 496.

7.     Hadîts:

« مَنْ صَامَ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ شَهْرٍ حَرَامٍ الْخَمِيْسَ وَالْجُمْعَةَ وَالسَّبْتَ كَتَبَ اللهُ لَهُ عِبَادَةَ تِسْعِمِائَةِ سَنَةٍ » وفي رواية «سِتِّيْنَ سَنَةً»

“Barangsiapa puasa tiga hari dari bulan haram, yaitu hari Kamis, Jum’at dan Sabtu, maka Allah akan menulis untuknya ibadah selama tujuh ratus tahun.” Dan di dalam suatu riwayat “enam puluh tahun”.

Diriwayatkan oleh at-Thabarani dalam al-Ausath (II/219) cet. Dar al-Haramain 1415 H, dan dia berkata: “Tidak meriwayatkan hadîts ini dari Maslamah kecuali Ya’qub, Muhammad bin Yahya bersendirian dalam meriwayatkan darinya.”
Al-Haitsami berkata: “Diriwayatkan oleh at-Thabarani dalam
al-Ausath dari Ya’qub ibn Musa al-Madani dari Maslamah, dan Ya’qub majhul (tidak diketahui), sementara Maslamah adalah Ibnu Rasyid al-Hamaniy. Hatim berkata tentangnya: “Haditsnya mudtharib (tidak stabil)”, dan al-Azdiy berkata dalam ad-Dhu’afa`: “Tidak boleh berhujjah dengannya.”

Lihat kitab Majma’ud Zawaid (III/191) cet Dar ar-Rayyan 1407 H, dan Ibnul Jauzi menetapkan ketidak-shahihahannya di dalam kitabnya al’Ilal al-Mutanahiyah (II/554) cet. Dar al-Kutub al-‘lmiyah 1403 H.

8.     Hadîts:

« صَوْمُ أَوَّلِ يَوْمٍ مِنْ رَجَبَ كَفَّارَةُ ثَلاَثِ سِنِيْنَ، وَالثَّانِيْ كَفَّارَةُ سَنَتَيْنِ، ثُمَّ كُلَّ يَوْمٍ شَهْراً »

“Puasa hari pertama dari bulan Rajab adalah penghapus dosa tiga tahun, puasa hari kedua adalah penghapus dosa dua tahun, kemudian pada setiap harinya (penghapus dosa) sebulan.”

Lihat kitab Faidhul Qodir oleh al-Munawi (IV/120), Maktabah at-Tijariyah al-Kubro 1356 H.

Kami mengingatkan kepada para pembaca yang mulia bahwa semua hadîts tentang shalat Raghaib pada malam Jum’at pertama dari bulan Rajab adalah dusta, dibuat atas nama Rasulullah shallaahu ‘alaihi wa sallam.

Dan setiap hadîts yang menyebutkan puasa Rajab dan shalat pada sebagian malamnya adalah dusta yang dibuat-buat.

Hadîts yang berbunyi

« مَنْ صَلىَّ بَعْدَ الْمَغْرِبْ أَوَّلَ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبَ عِشْرِيْنَ رَكْعَةٍ جَازَ عَلىَ الصِّرَاطِ بِلاَ نَحَاسَةٍ »

“Barangsiapa shalat setelah maghrib pada malam pertama bulan Rajab sebanyak dua puluh rakaat, maka dia akan melewati shirat tanpa kesulitan.”

Dan hadîts yang berbunyi:

« مَنْ صَامَ يَوْمًا مِنْ رَجَبَ وَصَلىَّ رَكْعَتَيْنِ يَقْرَأُ فِيْ كُلِّ رَكْعَةٍ مِئَةَ مَرَّةٍ آيَةَ الْكُرْسِيِّ وَفِيْ الثَّانِيَةِ مِئَةَ مَرَّةٍ قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ لَمْ يَمُتْ حَتىَّ يَرَ مَقْعَدَهُ مِنَ الْجَنَّةِ »

“Barangsiapa berpuasa sehari dari bulan Rajab dan shalat dua rakaat, yang pada setiap rakaat membaca ayat kursi sebanyak seratus kali, dan yang kedua membaca [قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ] sebanyak seratus
kali, maka dia tidak akan mati hingga melihat tempat duduknya di surga.”

Dan hadîts yang berbunyi: “Barangsiapa puasa dari bulan Rajab begini……. dan begitu…….”

Imâm Abû Abdillah ibn Abû Bakar az-Zar’i (w. 691) berkata: “Semuanya dusta, dan dibuat-buat.”

Lihat kitab Naqdul Manqul oleh az-Zar’i (I/83-84), Dar al-Qodiri 1411 H.

Al-‘Ajluni / berkata: “Diantara hadîts palsu yang datang berkenaan dengan keutamaan malam Jum’at pertama dari bulan Rajab adalah shalat di dalamnya yang disebut dengan shalat raghaib yang tidak shahîh di dalam sunnah.

Lihat Kasyful Khafa` oleh al-‘Ajluni (II/563), Muassasah ar-Risalah 1405 H.

Al-Hâfidz Abû Abdillah Muhammad ibn Abi Bakar ad-Dimasyqi (w. 691H) berkata: “Semua hadîts yang menyebut puasa Rajab dan shalat pada sebagian malam di dalamnya adalah dusta yang dibuat-buat, seperti hadîts shalat ba’da maghrib pada permulaan malam bulan Rajab sebanyak dua puluh rakaat dia akan melewati shirath tanpa kesulitan.”

Lihat kitab al-Manâr al-Munîf (I/96), Maktabah al-Mathbu’at al-Islamiyah 1403 H.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *